Fakta Unik Tentang Ikan Paus

Advertisement
Siapa yang tidak mengenal ikan paus, tentu semua orang tahu akan mamalia laut terbesar satu ini. Ukurannya yang sangat besar dan keganasannya di air tidak heran jika paus juga disebut sebagai mamalia terdahsyat di lautan. Ukuran paus sendiri bisa melebihi ukuran seekor gajah. Cetacea adalah sebutan lain bagi ikan paus, paus sendiri memiliki arti melahirkan karena paus adalah salah satu hewan laut yang melahirkan. Jika pada umumnya ikan berkembang biak dengan bertelur, paus justru melahirkan dan menyusui anak-anaknya. Fakta unik tentang ikan paus adalah bahwa  ia adalah seekor ikan yang tergolong dalam jenis mamalia dan bernapas dengan menggunakan paru-paru.

Ikan Paus

Ikan paus adalah ikan yang unik, lucu tetapi berbahaya. Ikan paus adalah ikan karnivora dan merupakan ikan pemangsa. Paus tidak hanya makan ikan-ikan kecil di laut tetapi hewan lain seperti singa laut, dan hewan lain yang ada di laut pantang untuk tidak menjadi santapan paus. Konsumsi paus sendiri dalam seharinya mencapai puluhan kilogram ikan kecil bahkan lebih yakni mencapi ton. Paus adalah hewan laut yang sering menampakkan diri di permukaan laut sama halnya dengan lumba-lumba. Aksi menampakkan diri ini adalah untuk bernapas mengingat paus bernafas menggunakan paru-paru. Ada banyak fakta unik tentang ikan paus, diantaranya adalah sebagai berikut:

Fakta Unik Tentang Ikan Rakasasa (Ikan Paus)


Keunikan pertama dari ikan paus adalah tidak semua ikan paus memiliki ukuran jumbo karena ada beberapa ikan paus yang memiliki ukuran tubuh relatif kecil. Jikapun kebanyakan ikan paus berukuran super besar, ada beberapa jenis paus yang hanya mampu tumbuh besar dengan ukuran maksimal 5 meter.

Ikan paus adalah ikan yang tergolong kuat dalam menahan nafas dalam air. Paus mampu bertahan dalam air tanpa bernafas selama lima hingga lima belas menit. Jika waktu iti telah habis maka paus akan muncul kembali ke permukaan untuk mengambil nafas.

Paus merupakan hewan terbesar di air dan sekaligus hewan yang tergolong jenis hewan rakus. Badannya yang besar mengharuskan paus makan dalam jumlah porsi yang banyak. Ratusan kilogram ikan kecil bisa menjadi santapan paus dalam waktu sehari. Ribuan ikan kecil di laut akan menjadi santapan sehari-hari paus. Paus memiliki cadangan makanan berupa lapisan lemak di tubuhnya yang tebalnya mencapai 30 centimeter. Paus terbesar adalah golongan paus biru, paus ini memiliki panjang yang mencapai 30 meter dan berata mencapai 190 ton. Bayi paus biru sendiri antara satu sampai 2 cm panjangnya dan berat yang dimiliki mencapai 2 ton.

Ikan paus adalah hewan dengan suara yang lantang dan keras, suara ikan paus mampu terdengar hingga radius ratusan kilometer di bawah air. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis ikan paus adalah perenang yang hebat dan cepat. Paus sirip mampu berenang dengan kecepatan 30 kilometer perjam. Fakta unik tentang ikan paus ini mungkin bisa bermanfaat bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda tentangdunia ikan. Jika Anda tengah berada di luatan, indra penciuman paus yang kuat akan darah sangat berbahaya bagi Anda yang sengaja maupun tidak sengaja menumpahkan darah di permukaan air laut. 
Advertisement
Fakta Unik Tentang Ikan Paus | Unknown | 5