Manfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan Manusia

Advertisement
Berbicara sedikit tentang buah siwalan. Buah siwalan atau yang juga dikenal dengan buah ental ini banyak tumbuh di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Buah siwalan mempunyai bentuk hampir mirip seperti kolang-kaling yaitu berwarna putih bening dan rasa dagingnya seperti rasa kelapa muda. Pohon buah siwalan sejenis pohon palm, menjulang tinggi kira-kira 15-30 meter. Pohon buah siwalan ini dapat hidup hingga umurnya 100 tahun dan mulai berbuah pada usia 20 tahun. 


Nah, jika anda tahu sadapan nira, maka pohon buah siwalan inilah penghasil niranya. Nira tersebut biasanya dimasak menjadi gula atau dibuat menjadi minuman legen atau tuak. Daun buah siwalan yang besar kerap dipakai oleh masyarakat jaman dahulu sebagai atap rumah dan sebagai alat tulis. Namun orang kreatif jaman sekarang membuat daun buah siwalan ini menjadi berbagai bahan kerajinan seperti tikar, kipas, topi, keranjang, dan lain sebagainya. Bagian pohon buah siwalan ini mempunyai banyak manfaat selain daunnya yang dapat dijadikan berbagai kerajinan tadi, batang pohonnya yang keras dan bermutu baik bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Selain itu buahnya yang masih muda termasuk enak untuk dikonsumsi. Buah yang masih muda memilki biji buah yang masih lunak dan itu juga enak untuk dikonsumsi. Sering kita temui biji buah siwalan ini dijadikan sebagai bahan campuran dalam es atau minuman. Nah jika buah yang sudah masak atau sudah tua dapat juga langsung dikonsumsi atau dimasak diajdikan bahan campuran membuat kue dan lain sebagainya. 

Mungkin kita akan bertanya-tanya tentang apa yang membuat buah siwalan tersebut enak untuk dikonsumsi. Kandungan apa saja di dalam buahnya yang membuatnya banyak dijadikan sebagai aneka olahan. Buah siwalan merupakan salah satu buah sebagi sumber nutrisi antara lain karbohidrat, protein, lemak dengan kadar rendah, serat, air, glukosa dan sukrosa. Berdasar kandungan tersebut buah siwalan ini bermanfaat pula sebagai obat beberapa penyakit. Jika anda yang genar mengkonsumsi legen ada baiknya tahu bahwa legen memang sangat baik bagi kesehatan. Legen sendiri merupakan sebuah minuman tradisional yang berasal dari sadapan buah siwalan. Menurut ahli, minuman legen ini dapat membantu kesehatan ginjal manusia, mengobati penyakit impotensi, dan dapat menambah air mani. Legen mengandung gula, protein, lemak, dan mineral yang cukup. Namun perlu adanya ketelitian jika hendak mengkonsumsi legen pasalnya ada juga penjual yang memalsukan legen. Legen yang baik hanya mampu bertahan selama 2 hari. Setelah 2 hari maka legen tersebut akan mengandung alcohol sehingga memabukkan, biasanya dikenal dengan nama ‘tuak’. 

Manfaat bagi kesehatan lainnya terdapat pada bagian pohon buah siwalan. Akar pohonnya terdiri dari ekstrak akar muda yang dapat bermanfaat sebagai pelancar air seni dan sebagai obat cacing. Jika akar muda tersebut direbus maka dapat juga berfungsi sebagai obat penyakit pernafasan. Buah siwalan yang sudah tua ternyata juga dapat dijadikan obat kulit. Bagian bunganya telah diteliti dapat dijadikan obat penyakit lever. Kulit batangnya dapat menyembuhkan penyakit sakit gigi dan jika direbus dapat dijadikan sebagi pembersih mulut.
Advertisement
Manfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan Manusia | Unknown | 5