Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan

Advertisement
Untuk sebagian orang mungkin buah silawan masih terasa asing karena buah yang satu ini hanya ada dibeberapa daerah saja di Indonesia terutama daerah pantai utara Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur serta Nusa Tenggara Barat. Buah siwalan banyak terdapat di daerah pegunungan yang dekat dengan pantai seperti Tuban Jawa Timur. Orang-orang pantai utara banyak menyebut buah siwalan dengan nama buah ental. Rasa buah satu ini menyegarkan seperti halnya buah kolang kaling dan juga buah kelapa muda. Kesegaran yang ditawarkan dari buah siwalan menjadikannya sering digunakan sebagai campuran minuman ataupun es campur.

buah siwalan

Pohon dari buah siwalan mirip dengan pohon sejenis palem-paleman ataupun kelapa, pohon berkayu yang tidak memiliki cabang dengan ketinggian yang mampu mencapai 30 meter. Buah siwalan sendiri hampir mirip dengan buah kolang kaling dan kelapa yang kulitnya dilapisi serabut-serabut dan terdapat biji di dalamnya. Jika pada kelapa dan kolang-kaling satu buah memiliki satu biji, untuk buah siwalan sendiri memiliki satu sampai tiga biji dalam satu buah. Buah siwalan tidak hanya nikmat menjadi santapan siang Anda pada waktu terik matahari, tetapi manfaat buah siwalan bagi kesehatan juga tidak kalah banyak dibandingkan buah lainnya.

Jika Anda mengetahui legen atau nira, maka pohon siwalan inilah salah satu pohon penghasil nira. Nira yang difregmentasi pada waktu tertentu serta nira  yang sudah diolah akan menghasilkan legen serta gula merah yang banyak Anda temukan di pasaran. Banyak sekali manfaat pohon siwalan, selain dari buahnya, daun siwalan dan juga pohon siwalan banyak digunakan sebagai kerajinan tangan. Karena umur dari pohon siwalan bisa mencapai umur 100 tahun, maka jangan heran jika pohon siwalan akan menjulang tinggi dengan struktur pohon yang kokoh dan kuat. Manfaat buah siwalan bagi kesehatan tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja tetapi juga sebagai nutrisi tubuh dan sumber energi baru dalam tubuh. Adapun manfaat buah siwalan antara lain adalah:
  • Buah siwalan bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis, bagian buah untuk obat satu ini adalah bagian buahnya.
  • Bagian dari akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan.
  • Bagian bunga dari buah siwalan yakni abu mayangnya mampu mengobati sakit lever.
  • Sakit gigi bisa sembuh dengan arang kulit batang yang direbus dan diminum, air rebusan batang kulit batang ditambah sedikit garam juga bisa sebagai obat kumur (pembersih mulut).
  • Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.
  • Pohon nira akan menghasilkan nira dan nira tersebut dipercaya sebagai minuman isotonic yang memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.
  • Legen atau nira yang telah difregmentasi mampu membantu menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi karena legen ini bersifat menambah air mani dalam tubuh.

Manfaat buah siwalan tidak hanya sampai seperti diatas saja, tetapi masih banyak lagi manfaat buah siwalan yang bagus bagi kelangsungan kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui, buah siwalan yang baik adalah siwalan yang masih segar begitu juga dengan legen ataupun niranya. Jika Anda menyempatkan diri membeli legen, pastikan legen berkualitas baik karena saat ini tidak sedikit penjual legen yang melakukan kecurangan dengan penambahkan bebagai kandungan ke dalam legen.
Advertisement
Manfaat Buah Siwalan Bagi Kesehatan | Unknown | 5