Kandungan Buah Siwalan

Advertisement
Buah siwalan atau buah ental yang dalam bahasa latin disebut sebagai Borassus flabellifer merupakan buah dengan keunikan serta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah siwalan yang tergolong ke dalam kelas tumbuhan palma ini banyak terdapat di kawasan utara Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali. Untuk pohon dari siwalan sendiri mirip dengan pohon pinang, pohon kelapa dan palma-palma lainnya. Karena pohonnya yang tidak bercabang, tidak heran jika pohon ini menjulang tinggi dan tumbuh mengerumpul berdampingan antara satu pohon dengan pohon lainnya. Tinggi untuk pohon siwalan sendiri mampu mencapai 15 sampai 30 meter dan dapat tumbuh hingga usia 100 tahun.

Kandungan Buah Siwalan

Kandungan buah siwalan ada berbagai macam dan pastinya baik bagi kesehatan. Buah siwalan sendiri terdiri dari dua unsur pokok yang dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan banyak gizi. Keduanya aalah nira dari pohon siwalan dan buah siwalan sendiri berupa daging buah yang segar. Di dalam nira pohon siwalan terdapat total gula (g/100 cc) sebesar 10,93 persen, gula reduksi (g/100 cc) sebesar 0,96 persen, protein (g/100 cc) sebesar 0,35 persen, nitrogen (g/100 cc) sebesar 0,056 persen, pH (g/100 cc) sebesar 6,7 sampai 6,9 persen, specific gravity sebesar 1,07 persen, mineral sebagai abu (g/100 cc) sebesar 0,54 persen, sedikit kalsium, kandungan fosfor sebesar 0,14 persen, besi (g/100 cc) sebesar 0,4 persen, vitamin C (g/100 cc) sebesar 13,25 dan vitamin B1 (IU) sebesar 3,9.

Kandungan buah siwalan dari satu potong daging buah sendiri berupa kadar air sebesar 87,78 persen, kadar gula 10,96 persen, kadar protein 0,28 persen, kadar lemak sebesar 0,02 persen dan kadar abu sebesar 0,10 persen. Buah siwalan adalah buah yang berkarbohidrat baik bagi tubuh mengingat kadar lemak, kadar protein dan seratnya yang sedikit. Dari kandungan gizi buah siwalan, tidak heran jika buah siwalan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini tidak hanya didapat dari buah siwalan saja tetapi juga bisa didapat dari akar serta daunnya. Berikut manfaat dari buah siwalan:

a.  Legen dari buah siwalan disinyalir mampu membantu fungsi ginjal dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, legen dengan kualitas terbaik dan dari pohon siwalan tertentu bahkan dipercaya mampu menormalkan serta menambah produksi air mani. Tidak hanya itu saja, legen ini juga sekaligus digunakan sebagai obat gangguan pernapasan.
b.  Buah siwalan yang masih segar mampu melegakan tenggorokan dan menyegarkan tubuh. Selain bersifat mengenyangkan, buah siwalan sekaligus mampu menambah kebutuhan cairan dalam tubuh karena nira dalam siwalan bersifat isotonic.
c.   Kandungan sukrosa, glukosa dan air dalam buah akan mejadikan penikmatnya tahan akan rasa lapar. Karbohidrat yang tinggi dari buah siwalan dan rendahnya lemak, protein serta serat menjadikan buah ini baik bagi kelangsungan kesehatan.
d.  Jika Anda ada masalah dengan sakit kulit, bagian buah tua siwalan bisa dijadikan obat demi menyembuhkan kulit Anda.
e.  Akar dari pohon siwalan yang direbus dengan sedikit garam bisa digunakan sebagai obat cacing serta melancarkan air seni.
f.   Bunga buah siwalan atau mayang siwalan sendiri dapat digunakan sebagai obat sakit lever. Dan satu lagi yang tidak kalah menarik, batang pohon siwalan disinyalir mampu menyembuhkan sakit gigi.

Demikian kandungan buah siwalan beserta manfaatnya bagi kesehatan. Mungkin ada beberapa manfaat lain yang Anda tahu mengenai buah siwalan, dan untuk lebih menikmati buah satu ini berkunjung ke kabupaten Tuban Jawa Timur maka Anda akan mendapatkan banyak pedagang siwalan berserta legennya. 
Advertisement
Kandungan Buah Siwalan | Unknown | 5