Mengatasi Rasa Mual pada Awal Kehamilan

Advertisement
Dalam masa-masa awal kehamilan, seorang wanita biasanya mengalami rasa mual. Hampir 70% wanita yang hamil akan mengalami mual. Mual ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormon estrogen sehingga akan menjadikan asam lambung semakin meningkat. Mengapa mual terjadi saat pagi hari? Hal ini disebabkan karena perut berada dalam kondisi kosong saat pagi tersebut. Sehingga saat diberi makanan, perut seakan tidak mau menerima. Namun ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa mual ini disebabkan oleh faktor HCG dan ada juga karena pengaruh gangguan enzim. HCG merupakan salah satu hormon yang dihasilkan oleh plasenta. 

Mengatasi Rasa Mual pada Awal Kehamilan


Mual pada ibu hamil wajarnya dialami pada usia kehamilan 8 minggu sanpai 12 minggu. Menginjak minggu ke 16, mual akan berangsur hilang. Namun ada juga yang mengalami mual dan muntah yang berlebihan. Bahkan, ada beberapa ibu hamil yang masih mengalami mual dan muntah melebihi batas waktu wajar. Kondisi mual yang berlebihan terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu pada tingkat satu, muntah akan terus terjadi sehingga akan membuat ibu hamil atau ibu mengalami lemas. Hal ini dikarenakan nafsu makannya  semakin turun. Sementara pada tingkatan kedua, mual dan muntah yang berlebihan dapat menyebabkan kulit ibu menjadi keriput dan matannya cekung. Kondisi tubuhnya semakin lemah. Dan pada tingkatan ketiga justru semakin berbahaya karena mual dan muntah ini sampai mengakibatkan ketidaksadaran bahkan koma.  

Mual yang dialami oleh ibu hamil dapat diatasi dengan cara, antara lain memperhatikan sesuatu yang dikonsumsi, baik itu makanan dan minuman. Tentulah ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan, utamanya karbohidrat dan protein. Jangan lupakan juga buah dan sayuran. Kurangi konsumsi lemak. Karena biasanya jika makan makanan berat ibu akan kurang nyaman, maka usahakan makan dalam porsi yang sedikit namun sering. Berkaitan dengan minuman, maka usahakan banyak mengkonsumsi air putih. Jika suka mengkonsumsi jus, maka jus juga baik untuk dikonsumsi. 

Selain makanan, konsumsi vitamin juga perlu direkomendasikan. Kebanyakan vitamin sebenarnya memperburuk rasa mual yang dialami, namun konsumsi folat masih diperlukan. Vitamin B6 mungkin dapat dikonsumsi karena dapat mengurangi rasa mual. Dan yang terakhir adalah perbanyak waktu istirahat dan hindarkan pikiran dari tekanan. Jika ibu mengalami rasa mual yang berlebihan seperti yang disebutkan diatas, maka ada baiknya untuk rajin mengkonsultasikan ke dokter. 

Advertisement
Mengatasi Rasa Mual pada Awal Kehamilan | Anonymous | 5