Seputar Manfaat Dan Kandungan Buah Sirsak

Advertisement
Buah dengan kulit berwarna hijau ini merupakan salah satu dari sederetan buah yang digemari oleh masyarakat. Buah sirsak berbentuk bulat, lebih cocok dikata lonjong, kulit buahnya yang bergerigi, biji buah yang hampur sama seperi biji buah srikaya, dan mempunyai aroma yang cukup menyengat. Sekilas melihat buah sirsak, mungkin kita hanya tahu bahwa buah itu enak untuk dikonsumsi seperti dimakan langsung atau dibuat minuman. 

Seputar Manfaat Dan Kandungan Buah Sirsak


Namun dibalik putihnya daging buah sirsak sebenarnya terkandung berbagai nutrisi, sehingga menyimpan segudang manfaat lain selain hanya untuk dinikmati belaka. Sama halnya dengan buah lain, buah sirsak ini mengandung berbagai nutrisi yang amat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain karbohidrat, air, lemak, vitamin C, fosfor, kalsium, dan juga serat. 

Kandungan nutrisi buah sirsak yang cukup komplek membuat manfaat dalam buah sirsak juga komplek, antara lain:

• Buah sirsak dapat bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat baik dalam tubuh. Kita tahu bahwa kandungan vitamin C dalam buah akan sangat membantu sistem pertahanan tubuh manusia. Apalagi kandungan vitamin C dalam buah ini cukup tinggi sehingga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

• Buah sirsak sebagai nutrisi pembentukan tulang. Kandungan mineral dalam buah sirsak membuatnya menjadi salah satu buah yang berfungsi sebagai pembantu pembentukan tulang secara baik, dan dapat mencegah kekeroposan tulang secara dini. 

• Buah sirsak sebagai pembantu kelancaran sistem pencernaan. Telah disebutkan tadi bahwa buah sirsak mengandung serat. Nah manfaat serat dalam tubuh tersebut dapat memperlancar proses BAB dan gangguan sembelit.

• Buah sirsak sebagai obat kanker. Tidak hanya buah namun daun buah sirsak juga dapat digunakan sebagai obat kanker. Buah ini telah terbukti secara efektif dapat membunuh sel jahat dalam tubuh. Daya kerja buah sirsak dalam membunuh sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan pengobatan kanker-kanker lainnya. 

• Buah sirsak sebagai obat liver. Khusus bagi penderita liver, maka konsumsi jus buah sirsak sangatlah disarankan. 

• Buah sirsak sebagai obat diare. Anak kecil atau bayi dapat diberikan air dari perasan buah sirsak sebagai obat jika dia mengalami diare. 

• Buah sirsak sebagai obat sakit pinggang. Bagi penderita sakit pinggang khususnya orang-orang dewasa, dapat memanfaatkan daun buah sirsak ini untuk mengobatinya. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, hanya perlu merebus dan dapat langsung diminum.

Advertisement
Seputar Manfaat Dan Kandungan Buah Sirsak | Anonymous | 5